Cara Mendesain Kamar Yang Sempit Agar Terlihat Luas

Cara Mendesain Kamar Yang Sempit Agar Terlihat Luas

Rumah minimalis dewasa ini kian menjadi pilihan, baik dari segi desain maupun ukuran. Dengan ruangan yang terbatas, tentunya membutuhkan trik khusus agar bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Cara tersebut, selain untuk menambah kenyamanan, tetapi juga mempercantik suasana di dalam rumah.

Salah satu ruangan di dalam rumah yang paling sering berukuran kecil adalah kamar tidur. Padahal, kamar tidur biasanya diisi dengan perabotan yang besar dan membutuhkan ruang yang cukup lapang.

Namun, dengan trik jitu, kamar yang sempit ternyata bisa terlihat lebih luas.

 

Trik Membuat Kamar Terasa Lebih Lapang

Kamar tidur adalah ruangan yang harus dijaga kenyamanannya. Suasana yang lega pun menjadi salah satu faktor kenyamanan tersebut. Beberapa cara berikut ini bisa Anda terapkan untuk mengubah suasana kamar tidur menjadi lebih lapang:

 

  1.      Pemilihan Perabotan

Di dalam kamar, dua perabotan yang wajib adalah ranjang dan lemari pakaian. Triknya adalah, pilih desain perabotan tersebut yang bergaya minimalis. Untuk ranjang, bisa memilih jenis desain kayu minimalis dengan tulang yang ramping. Untuk headboard, disarankan agar menyatu dengan dindind agar bisa menghemat ruang.

Untuk kesan yang lebih lapang, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kasur tingkat. Sehingga, ruang di bawahnya bisa dimanfaatkan untuk menempatkan perabotan lain, seperti meja kopi untuk berbagai keperluan.

Untuk menyimpan pakaian, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan lemari dengan pintu geser. Atau, jika ruangannya benar-benar sempit, gunakan saja tiang gantungan untuk meletakkan pakaian. Untuk barang lain, inspirasi desain rak mengambang yang menempel di dinding juga menarik untuk dicoba.

 

  1.      Penempatan Barang

Usahakan agar Anda menata semua perabotan yang ada supaya merapat ke dinding. Tujuannya adalah menciptakan ruang di bagian tengah kamar. Yang paling mudah adalah usahakan untuk mengatur posisi barang agar tidak menghalangi akses maupun pandangan dari pintu kamar.

Hindari pemasangan hiasan yang terlalu banyak. Dekorasi dinding yang tidak tepat, justru akan membuat suasana kamar terasa penuh sesak. Gunakan lampu artistik untuk menciptakan corak di dinding, alih-alih menempelkan berbagai hiasan dinding.

 

  1.      Pemilihan Warna dan Corak

Warna yang cerah cenderung membangkitkan kesan luas terhadap ruangan. Selain itu, warna cerah juga sangat cocok untuk diterapkan di kamar tidur. Pilihan yang baik adalah warna biru langit, supaya mengesankan langit yang sangat luas.

Untuk pemilihan corak, biasanya pada sprei dan gordyn, pilih desain dengan pola yang sederhana. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan warna polos. Dengan begitu, akan tercipta kesan yang bersih, dan terkesan lapang.

Jika Anda ingin memasang karpet, hindari ukuran karpet yang kecil. Untuk mengakali keterbatasan ruangan, disarankan agar Anda memilih jenis karpet yang bisa menutupi seluruh lantai ruangan kamar tidur.

Sama halnya dengan sprei dan gordyn, usahakan corak karpet bisa membaur dengan perabotan yang ada.

 

  1.      Cermin dan Jendela

Kontradiktif dengan ukuran kamar yang kecil, cermin dan jendela berukuran besar justru bisa memberi efek lapang pada kamar tidur. Untuk mendapatkan efek lapang, letakkan cermin yang berukuran agak besar, biasanya di pojok ruangan.

Sedangkan jendela yang lebar juga bisa digunakan sebagai inspirasi desain. Sebab, selain memberikan sirkulasi udara yang baik, jendela yang besar juga memberikan pencahayaan maksimal. Sehingga kamar tidur tidak berkesan pengap.

Nah, itulah tadi beberapa elemen penting yang bisa membuat kamar terlihat lebih lapang. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan penata dekorasi ruangan profesional, agar Anda bisa memaksimalkan ruangan kamar tidur yang ada menjadi lebih luas dan nyaman.